Tanda Hilangnya Cinta dalam Rumah Tangga

Tanda Hilangnya Cinta dalam Rumah Tangga

Tanda Hilangnya Cinta dalam Rumah Tangga

“Saya merasakan kebosanan hidup serumah dengannya,” keluh Rani.

“Pernikahan kami yang baru berumur lima tahun, rasa-rasanya telah kami tempuh selama puluhan tahun. Kadang terpikir oleh saya, kapan saya bisa keluar dari kunkungan kejenuhan ini?” lanjut Rani.

Ungkapan perasaan diatas merupakan gejala awal mulai hilangnnya cinta dalam rumah tangga. Ada beberapa tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga yang harus diwaspadai kemunculannya oleh setiap suami dan istri. Jika anda tidak mengetahuinya, bisa jadi anda merasa rumah tangga anda aman saja, padahal sesungguhnya berada diambang malapetaka.

Berikut ini adalah beberapa tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga anda. Waspadalah !

1. Merasa tidak butuh lagi dengan pasangan dan merasa bahwa kesendirian lebih nyaman

Jika kebosanan telah hinggap dan diri  anda merasa lebih nyaman sendiri terpisah dari pasangan, maka inilah tanda yang sangat kuat bahwa cinta mulai pudar. Seperti rumah tangga Rani diatas, Rani tampak bahagia dan tidak kekurangan suatu apapun bahkan bahkan oleh orang-orang yang melihatnya. Tapi siapa sangka dari dalam Rani dan suaminya hanya bersandiwara, Rani dan suaminya berada dalam kondisi  psikologis yang jauh. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, dalam kasus Rani tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga nya dimulai sejak sang suami terlalu sibuk mengurusi bisnisnya, ia mencurahkan seluruh perhatian dan tenaganya disitu. Ketika pulang kerja, suami Rani merasa capek, ia hanya butuh istirahat sedangkan Rani ingin sekali mendapatkan perhatian, ingin sekali dimanja dan ingin sekali bercerita kepada suaminya. Hingga masing-masing merasakan kenyamanan dalam keadaan sendiri.

 

2. Tidak meraskan rindu ketika berpisah jauh

Tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga selanjutnya adalah tidak merasakan rindu ketika berpisah dalam waktu yang cukup lama. Suami dan istri yang berpisah karena tugas lama, atau karena perjalanan yang jauh, semestinya merasakan gejolak rindu yang kian lama kian menguat. Semakin lama berpisah semakin menebal rindu mereka.

Suatu saat suami Rani pergi ke Singapura selama 2 pekan untuk mengurusi bisnisnya, Rani melepas suaminya begitu saja. hari-hari rani yang sendiri justru semakin lega karena ia merasakan kebebasan serta hidup tanpa beban. Demikian juga suami Rani, bahkan selama di Singapura ia hanya sekali menelpon Rani, itupun hanya meminta tolong untuk menyiapkan berkas yang akan diambil oleh staffnya. Tidak nampak kerinduan suami Rani selama meninggalkan istrinya. Setelah suami Rani pulang, mereka merayakan bak pengantin bari di malam pertama, namun yang terjadi adalah Rani tidak merasakan kehangatan dan kerinduan dari suaminya.

Jika rindu tak lagi ada di hati anda, itulah tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga

 

3. Lebih suka menutup diri dan tidak terbuka dalam banyak persoalan 

Jika anda menemukan kecendurangan untuk lebih suka menutup diri dalam berbagai persoalan hidup anda ketimbang membicarakannya dengan pasangan anda maka hal ini menjadi tanda melemahnya cinta dan tanda hilangnya cinta dalam rumah tangga.  Dalam kisah keluarga Rani diatas yabg terjadi adalah ketertutupan sikap dalam menghadapi berbagai problem hidup.

pada akhirnya Rani lebih suka menceritakan persoalan hidupnya kepada Ika tetangganya yang dulu pernah jadi teman kuliahnya. Rani tak bercerita langsung kepada suami, karena suami Rani tak pernah memberikan kesempatan dan kebebasan untuk mengungkapkan permasalahannya. sebagaimanapula yang dirasakan suami Rani.

Pertemua mereka didalam rumahpun hanya sebatas formalitas dan basa-basi. memang Suami Rani tak pernha berlaku kasar kepada Rani, hanya saja sikapnya yang acuh dan dingin telah memicu sikap Rani yang juga memilih diam dan menutup diri. Pembicaraan yang terjadi hanyalah sebatas pembicaraan aktivitas teknis sehari-hari, bukan pembicaraan mengenai rencana besar dan evaluasi perjalanan keluarga selama ini.

 

5. kehilangan hasrat pada pasangan

Jika anda dingin-dingin saja melihat penampilan pasangan anda serta tidak memiliki hasrat dan gairah terhadapnya maka ini adalah kematian cinta yang sangat nyata bentuknya. Pada kondisi seperti ini, anda akan sangat kesulitan mendefinisikan makna cinta dalam kehidupan rumah tangga anda. Apalagi yang akan dilakukan jika berhasrat terhadap pasanganpun tidak.

Jika terus dibiarkan, hal ini akan memicu perselingkuhan yang dilakukan baik oleh pihak suami maupun pihak istri, karena hasrat dapat tersalurkan justru kepada orang lain. Perselingkuhan terjadi sebagai akibat dari pudarnya hasrat kepada pasangan, tanpa adanya upaya untuk membangkitkan kembali gairah tersebut.

Pada beberapa keluarga, hubungan suami dan istri dapat terjadi hanya apabila membayangkan melakukannya dengan orang lain yang lebih bisa menimbulkan gairah. Tatkala melihat penampilan suami atau istrinya, tak ada yang menyebabkan Rani dan suaminya merasa tertarik dan berhasrat melakukan hubungan seksual. Hal yang menyebabkan mereka mendapatkan gairah tinggi justru apabila memiliki fantasi seksual, padahal islam melarang fantasi seksual semacam itu. Hal ini merupakan bentuk penyimpangan dan juga dapat memicu perasaan-perasaan lain terhadap pihak yang menjadi sarana fantasi tersebut.

Tanda Hilangnya Cinta dalam Rumah Tangga

Mempertahankan rumah tangga tanpa cinta merupakan perkara yang sulit dan mustahil, jika tanda melemahnya cinta sudah dirasakan, segeralah lakukan tindakan untuk menyelamatkan cinta dalam rumah tangga anda. Begitupula dengan rumah tangga yang baik-baik saja, perlu melakukan pencegahan-pencegahan agar melemahnya cinta dalam rumah tangga tidak terjadi.

Saya Cahyadi Takariawan dan Ida Nur Laila, konselor pernikahan dan keluarga  yang sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun, siap berbagi ilmu dan pengalaman kepada anda semua agar rumah tangga anda selalu dinaungi kebahagiaan, penuh cinta dan kasih sayang.

melalui kelas online Wonderful Couple, anda akan belajar bagaimana menjadi sosok suami yang disayang istri dan bagaimana menjadi sosok istri yang selalu dirindukan suami. Mari bergabung bersama lebih dari 3000 member kelas online kami, dan jadilah keluarga dan pasangan idaman

Tak ingin cinta hilang dalam rumah tangga anda bukan ? klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *